ANALISIS KEMANDIRIAN DALAM KEGIATAN SENI TARI USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM HIDAYATULLA SEMARANG

Authors

  • Novi Paraswati Universitas Pgri Semarang
  • Purwadi S.Pd., M.Pd
  • Dwi Prasetiyawati Diyah H. S.Pd., M.Pd

Keywords:

Kemandirian, Tari

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini banyak dijumpai di TK Islam Hidayatullah Semarang terdapat beberapa anak yang pada saat melakukan kegiatan tari, tampak reaksi anak berbeda-beda salah satunya kurangnya percaya diri pada anak. Fokus dalam penelitian ini adalah kemandirian dalam kegiatan seni tari pada usia 5-6 tahun di TK Islam Hidayatullah Semarang, tujuannya untuk menganalisa kemandirian dalam kegiatan seni tari usia 5–6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai aspek kemandirian dalam kegiatan seni tari yang meliputi aspek emosi, intelektual dan sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian dapat diterapkan dalam kegiatan seni tari. Kemampuan kemandirian dapat dimunculkan dalam beberapa aspek yaitu aspek emosi, intelektual dan sosial dimana anak sudah mampu menunjukan rasa percaya dirinya, tidak tergantung kepada temannya maupun kepada guru pada saat mengikuti kegiatan tari.

Author Biographies

Purwadi S.Pd., M.Pd

Pendidikan Anak Usia Dini

Dwi Prasetiyawati Diyah H. S.Pd., M.Pd

Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles