PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SENTRA ALAM PADA KELOMPOK B DI TK KUNCUP SARI SEMARANG

Authors

  • Listya Widyastuti Universitas PGRI Semarang
  • Ismatul Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Ellya Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

penerapan pembelajaran, sentra alam, anak kelompok B

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model sentra. Penelitian berpusat pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran model sentra alam di TK Kuncup Sari Semarang. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yang dipilih adalah kelompok B dan sentra alam di TK Kuncup Sari Semarang. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran model sentra alam minat belajar anak meningkat, rasa ingin tahu dan keinginan anak untuk bereksplorasi meningkat, serta munculnya rasa tanggungjawab, dan rasa kerjasama antar teman. Namun penerapan pembelajaran model sentra alam pada kelompok B di TK Kuncup Sari Semarang dirasa belum maksimal, karena masih dalam proses beradaptasi menggunakan pembelajaran model sentra karena perubahann dari pembelajaran model area ke pembelajaran model sentra.

Author Biographies

Listya Widyastuti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ismatul Khasanah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ellya Rakhmawati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles