ANALISIS KEMAMPUAN SAINS INQUIRY ANAK USIA DINI DI SENTRA IMTAQ

Authors

  • Lindiana Kumala Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetiyawati Diyah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kemampuan, sains inquiry, anak usia dini

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan sains inquiry anak pada saat memecahkan masalah sederhana dalam proses pembelajaran, yang disebabkan kurang aktifnya anak dalam kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 kegiatan belajar mengajar mengutamakan pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar di PAUD biasanya guru hanya menekankan membaca, menulis, dan berhitung. dengan menerapkan sains inquiry diyakini dapat menghasilkan generasi yang bersumber daya dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan sains inquiry anak pada kegiatan pembelajaran di sentra imtaq. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara guru kelas. Yang menjadi objek penelitian ini yaitu anak usia dini kelompok TK di Taman Belia Candi Semarang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kemampuan sains inquiry anak usia dini di kelompok TK taman belia candi semarang masih kurang maksimal dengan tahapan sains inquiry yaitu orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotetis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Sains inquiry di Taman Belia Candi terlihat pada kemampuan anak berorientasi pada proses pembelajaran, merumuskan masalah, megajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis,dan merumuskan kesimpulan dalam kegiatan belajar mengajar di sentra imtaq namun kegiatan sains inquiry masih belum maksimal.

Author Biographies

Muniroh Munawar, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Dwi Prasetiyawati Diyah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles