KEGIATAN MEMBACA BUKU CERITA DONGENG DALAM KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI PADA TPA PENA PRIMA

Authors

  • Ayu Lestari Universitas pgri semarang

Keywords:

Buku cerita dongeng, komunikasi,, anak usia dini

Abstract

Kegiatan membaca buku dongeng dilakukan oleh Guru (Bunda) dan anak-anak merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan atau ketrampilan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak sekaligus mengenalkan isi dari buku dongeng yang akan dibacakan oleh anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru mengembangkan kemampuan komunikasi dasar anak usia dini melalui kegiatan membaca buku dongeng. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (Bunda) dan anak usia 3-4 tahun pada TPA Pena Prima Semarang yang dilakukan kegiatan membaca buku cerita bersama anak. Penelitian ini akan diamati dan juga digali melalui metode wawancara dan observasi, yang dilakukan guru (Bunda) bersama dengan anak didalam kelas, jenis buku ceritayang disukai oleh anak dan manfaat dari kegiatan membaca buku dongeng dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dasar anak usia dini. Berdasarkan pada hasil analisis dapat dapat disimpulkan bahwa kegiatan membaca buku cerita yang dilakukan guru (Bunda) bersama anak meliputi proses anak diajak untuk membaca buku cerita, ketika anak belum dapat membaca maka anak akan membolak-balik buku cerita dan hanya melihat-lihat gambar sampai anak dapat membaca kata yang ada dalam buku cerita tersebut.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles