ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MANFAAT BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Authors

  • nikmah alifatun Universitas PGRI Semarang
  • Nila Kusumaningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Ratna Wahyu Pusari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pengetahuan ibu, bermain, perkembangan personal sosial, anak prasekolah

Abstract

Anak yang sedang bermain dengan teman-temannya sangat banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan tubuh anak dengan adanya aktifitas tersebut, dengan bermain anak mulai dapat belajar mengenai kerjasama ataupun belajar mengahrgai perbedaan. Dengan bermain diharapkan anak dapat berkembang dalam personal sosialnya, namun untuk dapat mencapai perkembangan sosial yang sesuai dengan usianya, maka diperlukan peran orang tua dalam mendidik. Faktor pengetahuan orang tua tentang manfaat bermain dapat mempengaruhi perkembangan personal anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Islam Hidayatullah Semarang. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 10 ibu yang mempunyai anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Islam Hidayatullah Semarang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang manfaat bermain dengan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah (3-6 tahun) di TK Islam Hidayatullah Semarang.

Author Biographies

Nila Kusumaningtyas, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Anak Usia Dini

Ratna Wahyu Pusari, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles