Peran Orangtua dalam Mendampingi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini di PAUD Al Burhan Semarang

Authors

  • Elok Royya Algadry Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetiyawati Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Peran Orang tua, mendampingi, Anak Usia Dini, Gadget

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak usia dini di Paud Alburhan Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gadget pada anak usia dini memiliki perbedaan antara orang tua yang memiliki pendidikan tinggi dan orang tua yang berpendidikan rendah, Mayoritas orang tua yang memiliki pendidikan tinggi cenderung menemukan cara-cara yang menarik untuk mendampingi penggunaan gadget pada anak usia dini yaitu dengan cara turut bermain gadget bersama anak dengan mengarahkan anak untuk membuka konten yang bermanfaat bagi pembelajaran anak dan menerapkan batasan durasi serta aturan-aturan bagi anak dalam bermain gadget sehingga dapat menstimulasi kemampuan literasi dan menambah pengetahuan anak prasekolah. Sedangkan orang tua yang memiliki pendidikan rendah cenderung mengalami hambatan dalam menemukan cara-cara yang menarik untuk mendampingi penggunaan gadget pada anak usia dini, sehingga membuat anak-anak mulai mengakses konten-konten negatif yang kurang bermanfaat bagi pembelajarannya. Faktor pendukung peran orangtua yaitu pengetahuan orang tua mengenai dampak penggunaan gadget bagi anak usia dini. Faktor penghambat peran orangtua yaitu berasal dari kendala orang tua. Kendala orang tua lebih kepada keterbatasan waktu untuk terlibat bersama anak.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles