Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini

Authors

  • dewi marfungah universitas pgri semarang

Keywords:

peran orang tua, kemandirian, anak usia dini

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu satuan pendidikan yang diperuntukkan bagi anak nol sampai enam tahun. Hal tersebut merupakan upaya strategis untuk menyiapkan generasi bangsa dan yang berkualitas dalam rangka memasuki era globalisasi yang penuh dengan berbagai tantangan. Dalam hal ini, sukses masa depan anak hanya dapat diciptakan melalui pembentukan karakter anak, dimana salah satunya adalah memiliki sikap kemandirian.

Sikap mandiri tidak terbentuk secara instan tetapi melalui proses yang lama melalui pembiasaan yang berulang sehingga mengurangi ketergantungan anak kepada orang lain dalam aktifitas sehari-hari. Dalam hal ini dibutuhkan peran orang tua sebagai pendidik pertama dalam keluarga untuk membentuk kemandirian tersebut. Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis diharapkan dapat mengembangkan kemandirian anak usia dini lebih baik. Dengan orang tua memberikan kepercayaan pada anak sejak dini dan membiasakan anak melakukan kegiatan baik sesuai tingkat usia perekembangannya, seperti membuang sampah pada tempatnya, toileting dan melayani dirinya sendiri sehingga diharapkan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri sebagai bekal di masa depan.

Berdasarkan pengamatan dan observasi penulis di sebuah lembaga sekolah anak usia dini yang berumur 4-6 tahun sudah menunjukkan perkembangan yang cukup baik dalam hal kemandiriannya.

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles