ANALISIS TEMA BERBASIS “ SCIENCE INQUIRY” DI TK ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG

Authors

  • Desy Fitri ani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Tema, sains inquir

Abstract

ABSTRAK

Tema merupakan sarana untuk mengintegrasikan sikap, pengetahuan.Tema juga berperan sebagai payung yang memiliki fungsi membingkai keseluruhan materi pembelajaran melalui kegiatan pembelajaran. Tema adalah ide-ide pokok. Pembelajaran berbasis tema adalah suatu pendekatan pembelajaran yang didasarkan atas ide-ide pokok atau ide-ide sentral tentang anak dan lingkungannya Muatan atau materi pembelajaran adalah topik -topik yang akan di pelajari oleh anak selama mengikuti kegiatan bermain selaras dengan tema, sub-tema, sub-sub tema yang telah ditetapkan pembelajaran dengan integrasi kegiatan ilmiah pada umumnya merupakan kegiatan Inkuiri.pembelajaran tema berbasis sains inquiry yaitu merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam penyelidikan, pada,investigasi,mengidentifikasi masalah konseptual atau metodologis dan mengajak siswa merancang serta memecahkan masalah. Pada penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan tema dalam materi pembelajaran di paud berbasis sains inquiry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,wawancara dan dokumentasi, penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti ingin melakukan kajian teori tentang bagaimana analisis tema berbasis sains inquiry di TK Hidayatullah Semarang.

Kata Kunci :  analisis tema, berbasis,  sains inquiry

 

 

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles