About the Journal

Lontar Physics Forum merupakan agenda 2 tahunan yang sudah berjalan mulai tahun 2011, 2013, 2015, 2017, dan tahun ini 2019. Nama Lontar diambil dari nama jalan lontar yang berada dekat fakultas FPMIPATI. Rencana ke depan lontar physics forum akan kami jajaki dalam berbagai kegiatan ilmiah seminar nasional, workshop, seminar internasional, bahkan dalam kerjasama penelitian kolaboratif, exchange article jurnal yang tercermin dalam MoU kerjasama.

Tema Lontar Physics Forum ke-5 tahun ini adalah  Peran Pendidikan Fisika di Era Revolusi Industri 4.0. Ide dasar dari diangkatnya tema ini bahwa bagaimana kehidupan masyarakat saat ini yang dipengaruhi revolusi industry 4.0. Era Revolusi Industri 4.0 diwarnai oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan berbagai inovasi teknologi. Perubahan tersebut mengalami kecepatan eksponensial yang berdampak terhadap pengetahuan dan keterampilan lulusan perguruan tinggi maupun profesi guru, dosen dan praktisi pendidikan dalam mendampingi generasi millenia. Pada era ini semakin dibutuhkan berbagai kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 yang diharapkan dapat mengemas pembelajaran yang inovatif.

Pendidikan fisika memiliki karakteristik bidang teori dan aplikasi. Dalam pembelajaran fisika diupayakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, menumbuhkan rasa ingin tahu, membangun sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Implementasi pembelajaran ini dapat berbentuk inovasi pembelajaran fisika sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEK mengarah pada penelitian ilmu fisika dan pembelajarannya. Kemajuan IPTEK seiring dengan kemajuan teknologi material fisika atau fisika eksperimen juga diupayakan mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 yang harus siap dihadapi masyarakat. Hal tersebut dapat diwujudkan dalam proses pembelajaran fisika menggunakan berbagai model pembelajaran inovatif, media pembelajaran berbasis ICT dan riset-riset di bidang fisika.