EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • Novi Indriyati Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Aurora Nur Aini Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan dua kelas secara acak yaitu kelas kelas eksperimen dengan model pembelajaran PBL, dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran PBL lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar individual maupun klasikal, (3) terdapat pengaruh keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran PBL.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Indriyati, N., Rahmawati, N. D., & Aini, A. N. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 113–118. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/48

Issue

Section

Articles