PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS

Authors

  • Izwita Dewi FMIPA, Universitas Negeri Medan
  • Ade Andriani FMIPA, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kemampuan Abstraksi Siswa, LKS

Abstract

Lembar kerja siswa  (LKS) adalah salah satu sarana yang digunakan  untuk mempermudah penyampaian suatu tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini  adalah mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis budaya Melayu untuk meningkatkan kemampuan abstraksi siswa. Penelitian ini dilakukan pada daerah Melayu Sumatera Utara, tepatnya di salah satu SMP di Perbaungan, Serdang bedagai. Jenis penelitian ini adalah Penelitian pengembangan  tipe 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu 1)Defining, 2) Designing, 3) Developing  dan 4)Disseminating. Adapun instrumen  penelitian ini adalah lembar Validasi dan Keterbacaan LKS , Lembar Aktivitas siswa,  Angket respon siswa, serta  tes kemampuan abstraksi. LKS berbasis budaya melayu ini layak digunakan dengan nilai validasi tim ahli rata –rata 4,2. Nilai keterbacaan LKS sebesar 83,12 % dengan  katagori mudah di fahami oleh pembaca. Kepraktisan LKS ini dalam pembelajaran sebesar 85,2% dengan katagori bagus. Kemudian peningkatan kemampuan abstraks matematis siswa sebesar 0,63 dengan katagori peningkatan yang tinggi. Hasil respon siswa terhadap LKS berbasis budaya melayu ini adalah 86,45 % memiliki respon yang positif.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Dewi, I., & Andriani, A. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 160–167. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/54

Issue

Section

Articles