PROSES PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Authors

  • Tyas Ayu Indah Sari Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pemahaman Konsep, Penyelesaian Masalah Matematika, Siswa Field Independent, Siswa Field Dependent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemahaman konseptual siswa dalam penyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah dua siswa kelas X dengan masing-masing gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes tertulis dan hasil wawancara terkait pemahaman konseptual siswa. Peneliti melakukan tes gaya kognitif dan tes penyelesaian masalah matematika untuk melakukan wawancara kepada subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pemahaman konseptual pada subjek dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah matematika sudah mampu memahami masalah, menulis informasi-informasi dari soal, merancang rencana penyelesian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. (2) proses pemahaman konseptual pada subjek dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah matematika hanya mampu memahami masalah, menulis penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sari, T. A. I., Rasiman, R., & Buchori, A. (2019). PROSES PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 283–291. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/68

Issue

Section

Articles