PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Lailatul Fitriani Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Media Kahoot, model Computer Assisted Instruction, Hasil Belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media Kahoot  dengan model pembelajaran CAI terhadap hasil belajar siswa. Selain itu diteliti juga kelayakan media yang digunakan dan respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-test post-test design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Ambarawa. Penelitian ini mengambil 36 orang siswa tiap kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan Kelas kontrol. Hasil belajar yang dibandingkan adalah membandingkan nilai hasil belajar siswa saat pretest dan posttest. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik t (α = 5%). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi: latihan soal, lembar pengamatan media dan lembar angke responsiswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan anatar kelas eksperimen dan kelos control dimana diperoleh thitung = 2,67 dan ttabel 1,67 sehinggan thitung > ttabel jadi Ho ditolak. Sementara itu untuk  perangkat pembelajaran dinyatakan layak oleh validator dengan kelayakan 85% sehingga media Kahoot layak digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemudian hasil dari angket respon siswa dimana siswa tertarik dalam pembelajara. Hal ini dinyatakan dalam hasil dari angket respon siswa sebesar 75%.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Fitriani, L., Buchori, A., & Nursyahidah, F. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 292–300. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/69

Issue

Section

Articles