PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP MENGGUNAKAN KONTEKS JAWA TENGAH

Authors

  • Shinta Nur Sabrina FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Irkham Ulil Albab FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Design research, Soal PISA, Change and Relationship

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA pada konten Change and Relationship menggunakan konteks Jawa Tengah yang valid dan praktis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efek potensial yang dihasilkan soal terhadap kemampuan matematis siswa SMP kelas VIII. Metode penelitian ini merupakan metode design research dengan tipe development study. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary dan formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews dan one-to-one (untuk menguji kevalidan soal), small group (untuk menguji kepraktisan soal) serta field test (untuk melihat efek potensial yang muncul setelah mengerjakan soal. Pada Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Purwodadi sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, walk through, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis data validasi ahli, analisis kepraktisan soal, dan analisis data tes soal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan soal model PISA pada konten Change and Relationship menggunankan konteks Jawa Tengah yang valid (dari segi konten, konstruk, dan bahasa) dan praktis (soal mudah dipahami dan tidak menimbulkan penafsiran ganda), serta soal yang dikembangkan memunculkan efek potensial terhadap kemampuan matematis siswa yaitu kemampuan berpikir kritis dan kemampuan penalaran matematis.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sabrina, S. N., Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2019). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP MENGGUNAKAN KONTEKS JAWA TENGAH. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 318–328. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/72

Issue

Section

Articles