ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA RINGAN

Authors

  • Shinta Silviana FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Kartinah Kartinah FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Nurina Happy FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif matematis, kecemasan matematika ringan, kefasihan, fleksibilitas, kebaruan

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi tuntutan dalam dunia pendidikan untuk siap menghadapi persaingan global serta mampu memberikan sumbangan yang bermakna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kecemasan matematika merupakan respon siswa terhadap matematika yang bersifat negatif meliputi perasaan dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari kecemasan terhadap matematika tingkat ringan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecemasan matematika, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan kecemasan matematika tingkat ringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan ringan masuk ke dalam kategori siswa kreatif atau level 3. Siswa dengan kecemasan ringan mampu menghasilkan 3 karya yang beragam namun belum dapat dikategorikan unik.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Silviana, S., Kartinah, K., & Happy, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA RINGAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 329–334. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/73

Issue

Section

Articles