PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL

Authors

  • Septiana Dewi FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Kartinah Kartinah FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Lukman Harun FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Profil Berpikir Kreatif, Masalah Kontekstual, Gaya Belajar Visual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan massalah kontekstual berdasarkan gaya belajar visual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Ambarawa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VII A SMPN3 Ambarawa tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 1 siswa yaitu siswa dengan gaya belajar visual. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode angket gaya belajar siswa, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dan waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : profil kemampuan berpikir kreatif subyek dengan gaya belajar visual mampu melewati semua indikator dari menggunakan cara lain kemudian menyelesaikannya, dan merinci secara detail pekerjaanya.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Dewi, S., Kartinah, K., & Harun, L. (2019). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 346–351. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/76

Issue

Section

Articles