PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Reza Suzana Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Supandi Supandi Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Creative Problem Solving, Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika dimana guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Kecenderungan model pembelajaran konvensional dapat membuat suasana kelas menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu mind mapping pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 270 siswa. Dengan menggunakan cluster rendom sampling diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Suzana, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 356–361. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/78

Issue

Section

Articles