ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA

Authors

  • Maghfiroh Maghfiroh Fakultas MIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati Fakultas MIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Noviana Dini Rahmawati Fakultas MIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Analisis, Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Etnomatematika

Abstract

Pemahaman konsep merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran, dengan memahami konsep siswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam setiap materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data di lakukan pada  siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Bandar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, serta dokumentasi untuk memperoleh semua hal-hal penting yang dilakukan saat penelitian sehingga kegiatan dapat direkam dengan baik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data reduction, data display, conclusing drawing. Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  siswa dengan tingkat pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi semua indikaor yaitu siswa mampu menyatakan ulang konsep, siswa mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu (dengan konsepnya), siswa mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep, siswa  mampu  menyajikan  konsep  dalam  berbagai  macam  bentuk representasi matematis, siswa  mampu mengaplikasikan konsep algoritma pemecahan masalah. Siswa dengan tingkat pemahaman konsep sedang hanya mampu memenuhi tiga indikator yaitu siswa mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu (dengan konsepnya), siswa mampu memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep, siswa  mampu  menyajikan  konsep  dalam  berbagai  macam  bentuk representasi matematis. Siswa dengan tingkat pemahaman konsep rendah hanya mampu memenuhi dua indikator  yaitu  siswa  mampu  memberikan contoh dan bukan contoh dari konsep,  menyajikan  konsep  dalam  berbagai macam  bentuk  representasi  matematis.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Maghfiroh, M., Indiati, I., & Rahmawati, N. D. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 421–429. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/89

Issue

Section

Articles