PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR AKTIVITAS TERSTRUKTUR PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Authors

  • Kus Andini Purbaningrum FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Prahesti Tirta Safitri FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Keywords:

bahan ajar, lembar aktivitas, lembar kerja terstruktur, trigonometri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar untuk mendukung proses perkuliahan trigonometri bagi mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT). Bahan ajar yang dikembangkan berupa lembar aktifitas terstruktur guna melatih mahasiswa untuk aktif dalam menggali informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model pengembangan 4D, meliputi 4 tahap yaitu: define, design, develop dan disseminate. Pengujian oleh ahli menunjukkan bahwa bahan ajar telah memenuhi aspek format, bahasa, ilustrasi dan isi dengan rata-rata skor penilaian berapa pada rentang 4 – 5 (dalam skala 5).  Hasil uji coba terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa bahan ajar baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Purbaningrum, K. A., & Safitri, P. T. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR AKTIVITAS TERSTRUKTUR PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 430–435. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/90

Issue

Section

Articles