IDENTIFIKASI KASUS-KASUS STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN SEBAGAI BAHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR

Authors

  • Prahesti Tirta Safitri FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kus Andini Purbaningrum FKIP, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Keywords:

Penelitian Kualitatif, Identifikasi kasus penelitian pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk meneliti hasil identifikasi kasus-kasus statistika dalam penelitian pendidikan sebagai bahan pengembangan buku ajar. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan metode stastitik yang digunakan dalam penelitian pendidikan sebagai dasar untuk mengembangkan buku ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan tentang penerapan pelbagai rumus statistik sesuai dengan kasus penelitian pendidikan yang diteliti agar memudahkan mahasiswa melakukan proses penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil identifikasi dari berbagai jenis penelitian di bidang pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang pada akhirnya dikelompokkan menjadi beberapa jenis metode statistika yang digunakan dalam penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil identifikasi ini terdapat beberapa metode statistika yang digunakan oleh mahasiswa, yaitu analisis regresi sederhana, analisis korelasi pada statistik parametrik, analisis korelasi pada statistik nonparametrik, analisis komparasi pada statistik parametrik, dan analisis komparasi pada statistik nonparametrik. Dengan begitu hasil penelitian ini dapat menjadi informasi bagi para peneliti pemula dalam bidang pendidikan.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2019). IDENTIFIKASI KASUS-KASUS STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN SEBAGAI BAHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 436–440. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/91

Issue

Section

Articles