DESAIN DIDAKTIS HIPOTETIK DEFINISI NILAI MUTLAK DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI

Authors

  • Rina Widyaningsih SMA 1 BAE KUDUS

Keywords:

hypothetical didactic design, absolute value, multi-representation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain didaktis hipotetik definisi nilai mutlak dengan pendekatan multi representasi. Proses merancang desain tersebut dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yaitu repersonalisasi, rekontekstualisai, dan prediksi respon. Kegiatan repersonalisasi menunjukkan bahwa learning obstacle yang terjadi didominasi oleh terbatasnya siswa pada konteks tertentu (epistemologis). Berdasarkan penyebab tersebut disusunlah chapter design, tujuan pembelajaran, dan tugas-tugas dengan desain multi representasi pada kegiatan rekontekstualisasi. Desain yang dibuat dilengkapi dengan bermacam-macam prediksi respon siswa dan antisipasi didaktis pedagogis.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Widyaningsih, R. (2019). DESAIN DIDAKTIS HIPOTETIK DEFINISI NILAI MUTLAK DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 447–451. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/93

Issue

Section

Articles