KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BUKU BERJENDELA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI SEMIREJO 02

Authors

  • Yunia Hardianti Indri Wisundani
  • Harto Nuroso
  • Mira Azizah

Keywords:

keefektifan, model pembelajaran kontekstual, media pembelajaran buku berjendela.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kontekstual berbantu media pembelajaran buku berjendela terhadap hasil belajar peserta didik kelas I di SD Negeri Semirejo 02. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest-postest Design, dimana dalam sampel yang digunakan untuk kelompok eksperimen maupun kontrol diambil secara keseluruhan dari populasi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji t Pretest-posttest dan ketuntasan belajar. Uji t Pretest-postest dilakukan untuk mengetahui adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantu media pembelajaran buku berjendela dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan adanya peningkatan pada hasil posttest. Ketuntasan klasikal pada peserta didik kelas eksperiman lebih tinggi yaitu sebesar 100% dibandingkan dengan kelas kontrol 40%. Berdasarkan hasil analisis data pada hasil belajar pretest dan posttest dengan uji-t bahwa diperoleh dengan nilai rata-rata pretest sebesar 65,25 dan rata-rata nilai posttest sebesar 85,5. Dengan N = 20, Diperoleh thitung = 9,357 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,093. Karena thitung = 9,357 > ttabel = 2,093.Maka hal ini menunjukkan bahwa uji t mempunyai efek yang signifikan.

Downloads

Published

2020-09-24