KEEFEKTIFAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS BERBANTU MEDIA KOPER KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 01 KANDANGPANJANG PEKALONGAN

Authors

  • Firman Ardi Wicaksono
  • Ikha Listyarini
  • Singgih Adhi Prasetyo

Keywords:

Model Team Games Tournaments dengan Media Koper Kata, Kemampuan Membaca.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran team games tournaments berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas I. Jenis penelitian kuantitatif. Pupulasi pada penelitian seluruh siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Pemerolehan data diambil keteki proses pembelajaran dan pemberian pretest-postest. Hasil penelitian menunjukan peningkatan terhadap kemampuan membacas siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil hipotesis menggunkan uji paired t-tes dengan taraf 5%  yaitu   sebanyak 7,959 dan  sebanyak 1,729, maka membuktikan   >  sehingga ditolak dan  diterima. Dapat disimpulkan  bahwa adanya keefektifan model team games tournaments berbantu media koper kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas I SD Muhammadiyah 01 Kandangpanjang Pekalongan”.

Downloads

Published

2020-09-24