PERANAN METODE IQRO’ PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK

Authors

  • Ana Kustianingrum

Keywords:

Metode Iqro’, Kemampuan membaca Al-Qur’an

Abstract

ABSTRAK

 

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Pada masa anak-anak harus mulai diperkenalkan pada pendidikan Al-Qur'an dengan tahap dasar pengenalan huruf hijaiyah pada anak, karna Al-Qur’an yang menjadi pegangan dan pedoman di dalam  kehidupannya nanti, sehingga ketika dewasa tidak kehilangan pegangan dan pedoman. Maka dari itulah untuk membaca Al-Qur’an, kita harus mengenal huruf-huruf hijaiyah pada anak sebagai dasar pembelajaran Al-Qur’an. Dengan metode iqro’ diharapkan lebih memudah guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah hingga tahap membaca Al-qur’an pada anak.

Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Metode Iqro’ Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunkan buku-buku dan literatur-literatur lainnya sebagai objek yang utama. Dalam penelitian kepustakaan, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa data-data kepustakaan yang telah dipilih, dicari, disajikan dan dianalisis. Sumber data penelitian ini mencari data-data kepustakaan yang substansinya membutukan tindakan pengolahan secara filosofis dan teoritis. Studi pustaka di sini adalah studi pustaka tanpa disertai uji empiric.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian kepustakaan dari beberapa sumber yang dikaji yang telah dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan berdasarkan beberapa hasil analisis data kepustakaan sumber yang ada dapat dinyatakan bahwa ada peranan metode Iqro’ pada kemampuan membaca al-Qur’an anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini penulis dapat sampaikan bahwa pembelajaran  Al-Qur’an,  khususnya  kemampuan  membaca  Al-Qur’an sebaiknya  diajarkan  kepada  anak  sejak  usia  dini.  Dalam  mengajarkan membaca Al-Qur’an guru dapat menggunakan metode yang bermacam-macam. Salah satu metode membaca Al-Qur’an adalah metode iqro’.

Downloads

Published

2020-09-24