PENERAPAN LITERASI MELALUI MINAT MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS IV SEMESTER GASAL SD N SUMBEREJO 01 PATI TAHUN 2019/2020

Authors

  • Farida Rohmawati
  • Henry Januar Saputra
  • Mudzanatun Mudzanatun

Keywords:

Penerapan Literasi, Minat Membaca dan Menulis, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca dan menulis siswa, hal tersebut terjadi karena minimnya sarana untuk memperoleh bahan bacaan, seperti perpustakaan, taman bacaan dan pojok baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi terhadap minat membaca dan menulis, faktor pendukung dan penghambat, dan solusi yang digunakan oleh pihak guru dan sekolah dalam penerapan literasi terhadap siswa SD N Sumberejo 01 Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data untuk melakukan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas IV, Siswa kelas IV, dan Penjaga Perpustakaan. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi di SD N Sumberejo 01 Pati pada tahap pembiasaan itu diwujudkan dalam kegiatan membaca dan menulis buku non-pelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan literasi adalah seluruh warga sekolah berperan aktif dalam penerapan literasi, siswa memiliki antusias tinggi dalam penerapan literasi, siswa memiliki cara fokus dalam melaksanakan literasi dan berbagai pihak ikut membantu dalam melaksanakan penerapan literasi. Faktor penghambat adalah tidak adanya penjaga perpustakaan yang selalu ada di perpustakaan, tidak adanya fasilistas pojok baca, kurangnya durasi waktu yang disediakan dalam pelaksanaan literasi menulis. Solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan diantaranya menunjuk guru kelas V untuk menjadi penjaga perpustakaan, siswa diperbolehkan meminjam buku untuk dibaca diluar perpustakaan ataupun dibawa pulang, siswa boleh membawa pulang tulisan yang belum selesai untuk diselesaikan di rumah.

Downloads

Published

2020-09-24