ANALISIS DAMPAK PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 01 SEMARANG

Authors

  • Ayu Pusvita Sari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Riris Setyo Sundari UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Henry Januar Saputra UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Dampak, Perhatian orang tua, Motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak perhatian yang diberikan oleh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 11 siswa kelas IVA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perhatian orang tua terhadap motivasi siswa kelas IV SD Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang meliputi perhatian menyediakan alat belajar, menyediakan tempat belajar, membantu mengatur waktu belajar, membantu kesulitan anak dan memberi motivasi anak di rumah sudah diberikan oleh orang tua.  Bentuk perhatian yang diberikan oleh setiap orang tua berbeda-beda. Pemberian perhatian orang tua juga harus memperhatikan faktor intern dari siswa. Motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang berbeda-beda. Ada empat siswa memiliki motivasi  tinggi, tiga siswa sedang dan empat siswa rendah. Orang tua yang perhatian dengan baik akan berdampak positif yaitu siswa cenderung memiliki motivasi tinggi sedangkan orang tua yang memberikan perhatian cukup bahkan kurang akan berdampak negatif yakni siswa cenderung memiliki motivasi sedang bahkan rendah. Namun dampak tersebut tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh perhatian orang tua melainkan karena ada faktor lain seperti guru dan suasana kelas.

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles