PENGEMBANGAN APLIKASI PERCETAKAN DARING BERBASIS ANDROID DI AR NETWORK

Authors

  • Muhammad Asrul Aji Pangestu Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang
  • Eko Prasetyo

Keywords:

Android, UML, Rest API, Percetakan, AR Network

Abstract

Wirausaha percetakan adalah usaha dalam bidang jasa yang sangat penting bagi dunia bisnis misalnya saja dalam pembuatan iklan melalui baligo, spanduk, stiker, banner, dan lain-lain. Kemudahan dan kecepatan dibutuhkan dalam segala bidang termasuk bisnis percetakan. Saat mencetak, pelanggan harus datang langsung ke tempat percetakan, menunggu antrian untuk pemesanan, mengirim file yang ingin dicetak dan kemudian menunggu antrian pesanannya untuk diproses. AR Network merupakan perusahaan di bidang layanan pengembangan sistem berbasis Web, Mobile Application, Hardware & Networking serta IT Consultant. Percetakan Daring berbasis android merupakan produk dari AR Network. Aplikasi berbasis android untuk perusahaan percetakan menggunakan Application Programming Interface (API). Proses perancangan sistem menggunakan Unfied Modeling Language (UML) seperti use case, activity diagram, class diagram. Proses perancangan desain antar muka aplikasi menggunakan Figma, kemudian selanjutnya implementasi rancangen dan desain melalui penulisan program di Android Studio. Hasil penelitian berupa aplikasi pemesanan jasa percetakan secara daring berbasis android dengan fitur yang dibuat pada aplikasi ini yaitu menampilkan produk, menambah produk ke daftar favorit, keranjang yang dapat menampung pesanan, melakukan pemesanan secara langsung melalui aplikasi. Aplikasi ini dapat mempermudah pelanggan dalam pemesanan produk percetakan dan dapat menjaga relasi antara penyedia jasa percetakan dengan pelanggan.

References

[1] L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” vol. 02, no. 01, pp. 71–75, 2020.
[2] I. D. Nurgana, “Sistem Informasi Order Perecetakan Di Rovell Digital Printing,” At-Taqaddum, vol. 1, no. August, p. 32, 2017.
[3] A. Saputra, Membangun Aplikasi Toko Online dengan PHP dan SQL. 2013.
[4] C. Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Permodelan Unifed Modeling Language,” Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. 2016.

Downloads

Published

2021-01-12

Issue

Section

Articles