RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI LEMAWA FAKULTAS TEKNIK DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS PGRI SEMARANG BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Yudia Feby Sasanti UPGRIS
  • Bambang Agus Herlambang

Keywords:

Website, Sistem Informasi, Codeigniter, Lemawa, Ormawa, Universitas PGRI Semarang

Abstract

Universitas PGRI terdapat berbagai macam organisasi, baik yang merupakan organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa yang ada di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas, ada pula Himpunan Mahasiswa yang berada di tingkat prodi. Di lingkup fakultas sendiri mahasiswa dapat mengikuti organisasi seperti BEM Fakultas atau Himpunan Mahasiswa juga organisasi lain yang ada di universitas. Seperti di Fakultas Teknik dan Informatika, mahasiswa disini dapat mengikuti Lemawa yang ada di tingkat fakultas seperti BEM FTI atau Himpunan Mahasiswa di masing masing Pogram Studi. Namun untuk sebuah organisasi di tingkat fakultas itu sendiri dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk mengelola informsi mengenai lemawa yang ada di fakultas terutama Fakultas Teknik dan Informatika. Sistem Informasi Lemawa Fakultas Teknik dan Informatika merupakan sebuah Sistem Informasi berbasis website yang berfungsi untuk memberikan informasi data mahasiswa yang tergabung dalam Lemawa di lingkup Fakultas Teknik dan Informatika. Dalam pembuatan website ini menggunakan alat bantu perancangan system UML (use case diagram, sequence diagram dan activity diagram), bahasa pemrograman PHP dengan Framework Codeigniter dan software pendukung diantaranya XAMPP serta DBMS MySql. Hasil pengembangan sistem ini memiliki fitur untuk menampilkan Anggota Lemawa Fakultas Tenik dan Informatika beserta informasi detail biodata mahasiswa yang menjadi Anggota Lemawa.

References

[1] M. Q. Khairuzzaman, “No Title血清及尿液特定蛋白检测在糖尿病肾病早期诊断中的意义,” vol. 4, no. 1, pp. 64–75, 2016.
[2] W. Darmalaksana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan,” Pre-print Digit. Libr. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf.
[3] M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

Downloads

Published

2021-01-07

Issue

Section

Articles