RANCANG BANGUN PROTOTIPE MESIN CUCI MOBIL OTOMATIS BERBASIS ARDUINO ATMEGA 2560 MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR04

Authors

  • Ardian lulus Kurnia Atmaja mahasiswa
  • Slamet Supriyadi
  • Aan Burhanuddin

Abstract

RANCANG BANGUN PROTOTIPE MESIN CUCI MOBIL OTOMATIS BERBASIS ARDUINO ATMEGA 2560 MENGGUNAKAN

SENSOR HC-SR04

(1)A.L.K.Atmaja, (2)S.Supriyadi (3) A.Burhanudin

1,2,3Jurusan Informatika, Fakultas TEKNIK, Universitas PGRI Semarang Gedung B Lantai 3, Kampus 1 Jl. Sidodadi Timur 24, Semarang

E-mail: (1)ardianlulus@gmail.com (2)slametsupriyadi@upgris.ac.id (3)aan.burhanudin@gmail.com

ABSTRAK

Pada perkembangan teknologi pada zaman ini sangat pesat terutama didalam menuntun pekrjaan yang dapat teselesaikan dengan cepat dengan menngunakan berbagai alat dan fasilitas yang di ciptakan untuk dapat mempermudah pekerjaan dengan cepat, effektif dan efisien dalam menunjang kebutuhan manusia tersebut. Pencucin mobil saat ini sangat di butuhkan dalam masyarakat dikarenakan efesiensi waktu dan energi yang dikeluarkan. Masyarakat menengah keatas yang memiliki kendaraan roda empat cenderung memilih ke tempat pencucian mobil dari pada mencuci sendiri karena lebih praktis. Teknologi yang populer saat ini menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) karena pemakaiannya yang lebih mudah akan tetapi untuk membuat PLC harganya mahal dan kelemahan dalam pencucian mobilnya. Penggunaan PLC memerlukan daya listrik yang tinggi dan biaya perawatan yang tinggi, sementara ini PLC banyak digunakan pada level industri saja, aplikasi- aplikasi PLC dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus. Di lain sisi, beberapa aplikasi merupakan aplikasi dengan satu fungsi.

Tujan penelitian tugas akhir ini adalah membuat Sebuah Rancang Bangun Prototipe Mesin Pencuci Mobil Otomatis Berbasis Arduino Atmega 2560 Menggunakan Sensor HC-SR 04. alat yang berfungsi untuk mencuci mobil untuk menunjang aktifitas dalam kegiatan sehari-hari dan sebagai alat transportasi. salah satu perawatan yang sering dilakukan yaitu dengan mencuci mobil. Keuntungan mencuci mobil yaitu cat dan bodi mobil tetap awet, serta mengurangi korosi yang ditimbulkan oleh kotoran yang menempel pada bagian mobil.

KATA KUNCI : Pencuci Mobil, PLC, Sensor HC- SR 04, Arduino Atmega 2560

Downloads

Published

2021-01-21

Issue

Section

Articles