STUDI EKSPERIMENTAL ALAT PENGUPAS KULIT LUAR KACANG TANAH DENGAN PENGGERAK MEKANIS

Authors

  • Agung Eko Raharjo Mahasiswa
  • Slamet Supriyadi
  • Aan Burhanuddin

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk merancang bangun dan memilih elemen-elemen mesin  alat pengupas kulit luar kacang tanah, (2) untuk merancang bagaimana gambar mesin dan komponen-komponen utama mesin pengupas kulit kacang luar kacang tanah, (3) Untuk mengetahui pengaruh kecepatan putar pada mesin terhadap hasil kupasan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Penelitian dan pengembangan alat pengupas kulit luar kacang tanah ini dilaksanakan di kampus 3 Universitas PGRI Semarang.

Mesin pengupas kulit luar kacang tanah merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengupas sekaligus untuk memisahkan kulit dengan bijinya. Penelitian yang dilakukan adalah perbandingan variasi putar mesin terhadap waktu pengupasan dan hasilnya pada kecepatan 52 rpm, 68 rpm, dan 82 rpm dengan pengambilan data tiga kali pengulangan maka didapatkan data kacang terkupas, kacang tidak terkupas, kacang terkupas utuh, kacang terkupas rusak dan waktu.

Dari hasil pengujian, pengupasan kulit kacang terbaik presentasenya mencapai 91% ketika menggunakan kecepatan 84 rpm dengan berat kacang 1kg. Hal ini dikarenakan pada waktu pengupasan ruji pengupas dapat berputar lebih cepat dari pada dari pada kecepatan putar dibawah 84 rpm sehingga kemungkinan kacang belum terkelupas dan jauh ke lubang pengeluaran sangatlah kecil.

Downloads

Published

2021-01-06

Issue

Section

Articles