SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASALAH E-KTP (SIP MASE) BERBASIS WEBSITE PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Authors

  • Ahmad Aji Nursetyawan Universitas PGRI Semarang
  • Khoiriya Latifa Universitas PGRI Semarang
  • Emmy Subijati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Beta, e-ktp, Pengaduan

Abstract

Untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang  mengatasi permasalahan data e-ktp maka, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang memerlukan sebuah sistem informasi pengaduan masalah e-ktp (SIP MASE). Pembangunan sistem sistem informasi pengaduan masalah e-ktp (SIP MASE) berbasis web ini menggunakan software xampp, text editor sublime text dan dreamweaver. Metode perancangan yang digunakan adalah metode waterfall. Metode Pengujian Sistem menggunakan metode uji blackbox yaitu menguji setiap fungsi menu-menu yang ada pada sistem dan metode Beta yaitu untuk mengetahui tingkat penerimaan user terhadap sistem informasi pengaduan masalah e-ktp (SIP MASE). Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa hasil perhitungan rata-rata secara keseluruhan responden persentase sebesar 86,8% artinya adalah responden sangat setuju untuk mengadukan keluhan mereka dengan sistem informasi pengaduan masalah ­e-ktp Penelitian ini dihasilkan sistem informasi pengaduan masalah e-ktp (SIP MASE) yang dapat dijalankan pada PC maupun smartphone oleh masyarakat Kota Semarang yang hendak melaporkan permasalahan data e-ktp mereka

Downloads

Published

2019-12-25

Issue

Section

Articles