SISTEM TESTIMONIAL PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PENJUALAN LAYANAN PADA PERUSAHAAN STAR SHARE BERBASIS WEBSITE

Authors

  • M Alim Tajri
  • Noora Qortun Nada

Keywords:

Sistem Informasi, CSR, Testimoni, Umpan Balik, Rating, Customer, Website

Abstract

Sebuah perusahaan pasti memiliki bagian yang disebut CSR yang bertanggung jawab salah satunya
kepuasan pelanggan. Studi kasus penelitian yang saya ambil di sebuah perusahaan bahwa di perusahaan
tersebut belum diterapkan strategi promosi yang memanfaatkan ulasan dari pelanggan sehingga muncul
ide bagaimana membuat aplikasi testimoni pelanggan sebagai salah satu strategi promosi sehingga
diharapkan penjualan akan meningkat. Aplikasi tersebut merupakan sebuah sistem informasi yang
berfungsi menampung umpan balik atau testimoni pelanggan dari layanan yang telah diambil pelanggan,
dalam sistem tersebut pelanggan bisa memberikan komentar dan rating pada layanan yang diambil, sistem
ini bertujuan untuk mengatasi masalah kurangnya penunjang untuk bahan promosi layanan. Fitur yang
ada dalam sistem tersebut antara lain melihat daftar layanan, pengisian umpan balik, dan grafik penjualan
layanan. Pembangunan sistem pengisian testimoni berbasis website ini menggunakan database MySql,
text editor visual studio code dan framework codeigniter. Pada tahap pembangunan sistem informasi
terdapat beberapa tahap seperti perancangan sistem, desain tampilan atau interface, dan pengujian. Sistem
ini dibuat untuk basis website Sehingga sistem informasi pengisian testimoni ini dapat akses pada PC
maupun mobile oleh pelanggan perusahaan yang hendak mengisi testimoni atau umpan balik.

 

Downloads

Published

2019-12-25

Issue

Section

Articles