ALGORITMA APRIORI UNTUK STRATEGI PENJUALAN PRODUK DI E-COMMERCE KWT LESTARI SEJAHTERA

Authors

  • Anam Anam
  • Mega Novita

Keywords:

Algoritma Apriori, Data Mining, Desa Polosiri, Desa Wisata, Oleh-oleh Khas.

Abstract

Sistem penjualan online atau yang biasa dikenal dengan e-commerce sebagai wadah penjualan dan promosi
secara online adalah salah satu teknologi yang tepat untuk diterapkan pada Usaha Mikro Kecil Menengah
(UMKM). Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Sejahtera adalah salah satu contoh kelompok usaha UMKM
yang memproduksi makanan dan minuman khas Desa Polosiri, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Saat
ini KWT tersebut sedang mengembangkan e-commerce yang nantinya akan menjadi teknologi penentu dalam
proses penjualan produknya sebagai bentuk dukungan terhadap rintisan program Desa Wisata Polosiri. Pada
dasarnya, pemasaran dengan e-commerce dapat dioptimalkan dengan menerapkan algoritma apriori sebagai
salah satu strategi dalam penjualan. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini kami akan menerapkan algoritma
apriori untuk e-commerce KWT Lestari Sejahtera. Dengan menggunakan algoritma apriori, data penjualan
yang paling diminati konsumen dapat ditentukan secara akurat. Data-data tersebut akan menjadi acuan penting
untuk menentukan strategi penjualan produk KWT Lestari Sejahtera ke depannya. Contohnya adalah dalam
mengatur susunan produk pada layout e-commerce dalam design katalog, atau dalam mengidentifikasi segmen
pelanggan berdasar pola pembelian.

Downloads

Published

2019-12-25

Issue

Section

Articles