DATA MINING PENJUALAN PADA TOKO SEKAWAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Umi Khotimatus Sa’adah
  • Ahmad Khoirul Anam
  • Fuji Astuti
  • Muhammad Afrizal Aghnia Fahmi
  • Mega Novita

Keywords:

Data Mining, Kosmetik, Apriori, Rapid Miner.

Abstract

Toko Sekawan adalah toko kelontong yang terletak di Jalan Krakatau Raya, Karangtempel, Kec. Semarang
Timur. Toko tersebut banyak diminati banyak wanita muda karena menjual berbagai kosmetik dengan harga yang
relatif murah. Namun, sampai saat ini data penjualan Toko Sekawan belum tersusun dengan baik, sehingga data
penjualan yang semakin hari semakin banyak hanya berfungsi sebagai arsip dan tidak dapat dimanfaatkan toko
untuk pengembangan strategi pemasaran. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini kami akan melakukan analisis data
penjualan yang ada dengan algoritma apriori. Hal ini perlu dilakukan untuk menentukan data penjualan produk
kosmetik yang paling sering dibeli konsumen. Di sini, kami menggunakan aplikasi Rapid Miner versi 9.4.001
sebagai tools untuk analisis data yang menggunakan berbagai teknik deskriptif dan prediksi. Hasil dari penelitian
ini diharapkan agar menjadi acuan untuk mengembangkan strategi pemasaran kosmetik kepada konsumen Toko
Sekawan.

Downloads

Published

2019-12-25

Issue

Section

Articles