PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMASARAN MELALUI FACEBOOK MASYARAKT KUMPULREJO KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL

Authors

  • David Firna Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Irna Farikhah Universitas PGRI Semarang
  • Mochamad Fadjar Darmaputra Universitas PGRI Semarang

Abstract

Popularitas media sosial sebagai alat pemasaran kian meningkat Namun demikian, masih terdapat kelompok masyarakat yang belum memanfaatkan potensi tersebut. Padahal keterampilan memasarkan produk melalui media sosial sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan personal branding bagi pengusaha. Pengabdian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan pemasaran melalui media sosial facebook. Hasil pengabdian diharapkan dapat membantu menganalisis penyebab masalah. Pengabdian dilakukan menggunakan metode eksperimen melalui pelatihan pemasaran menggunakan media sosial facebok. Pelatihan dilakukan dalam tiga sesi yaitu (1) penyampaian materi, (2) simulasi oleh instruktur serta (3) demonstrasi oleh peserta pelatihan. Hasil tes prestasi dan pengamatan kinerja menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan hasil kerja partisipan. Hal itu menunjukan bahwa kurangnya pemanfaatan media sosial pada bidang pemasaran bukan disebabkan karena motivasi yang rendah namun lebih cenderung disebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan.

Downloads

Published

2020-12-31