PENANAMAN SCIENCE INQUIRY SKILLS PADA ANAK USIA DINI MELALUI STORYTIMES BERBANTUAN KIT STEAM

Authors

  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Sugiyanti Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penerapan STEAM dalam pendidikan menjadi isu sentral dewasa ini. Di beberapa negara seperti Australia, Amerika, dan Korea telah dikembangkan sejak beberapa tahun yang lalu. Anak-anak diberdayakan untuk berperan sebagai agen pembelajaran menciptakan sebuah karya melalui proyek tertentu sesuai tema. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait implementasi produk Kelompok Instrumen Terpadu-Science Technology Engineering Art Mathematics (KIT-STEAM) sebagai media science inquiry pada tema pembelajaran PAUD Buku Cerita Hewan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyeknya adalah 3 PAUD di Kota Semarang meliputi TK Hidayatullah, TK Islam Nurul Iman Menjangan, dan TK Islam Sultan Agung 2. Data penelitian ini berupa data kualitatif yang dikumpulkan melalui teknik observasi. Managemen data penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan software QSR NVivo, sehingga analisis data dan interpretasinya dapat dilakukan dengan mudah. Teknik analisis data digunakan teori Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Kelompok Instrumen Terpadu-Science Technology Engineering Art Mathematics (KIT-STEAM) sebagai media science inquiry pada tema pembelajaran PAUD Buku Cerita Hewan mampu memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan mengajukan pertanyaan; kemampuan identifikasi masalah; kemampuan mengembangkan/menggunakan model; kemampuan merencanakan dan melaksanakan investigasi; kemampuan analisis dan interpretasi data; kemampuan pemikiran matematika dan komputasi; kemampuan membangun penjelasan; kemampuan teknik memecahkan masalah/solusi desain; kemampuan berargumen dari bukti yang ada; serta kemampuan mengevaluasi, dan mengkomunikasikan.

Downloads

Published

2020-12-31