PELATIHAN KETRAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU-BAHASA INGGRIS SMA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Wiyaka Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Entika Fani Prastikawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

training, writing, scientific article, teachers in senior high schools

Abstract

Salah satu kebutuhan guru dalam mengembangkan kompetensi profesionalismenya adalah dengan mempublikasikan artikel ilmiah dalam sebuah jurnal. Artikel ini dianggap sebagai hasil analisa scienfitifik guru selama proses belajar mengajar. Dengan mempublikasikan sebuah artikel, para guru diharapkan untuk berbagi ide dan pemikiranya untuk tujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Namun kenyataanya masih sedikit guru yang secara aktif mempublikasikan artikel ilmiah dalam jurnal. Pada kenyataanya para guru memiliki kemampuan menulis yang belum mumpuni karena keterbatasan informasi dan tidak adanya pelatihan menulis artikel bagi mereka. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat universitas PGRI Semarang berusaha untuk ikut mengatasi permaslahan ini dengan mengadakan pelatihan tentang penulisan artikel dan bagaimana mempublikasikanya dalam jurnal. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pengabdi memberikan beberapa materi penting seperti pengenalan template jurnal artikel, strategi penulisan artikel dalam jurnal, memperkenalkan sistem OJS jurnal, dan pelatihan Mendeley sebagai alat referensi. Dengan serangkaian pelatihan ini, guru diharapkan mampu aktif menulis artikel dan mempublikasikanya pada jurnal. Terlebih, mereka pada akhirnya mampu meningkatkan kompetensi profesionalisme.

Downloads

Published

2021-12-31