PKM PEMBELAJARAN BILINGUAL TOPIK KESEHATAN: HEALTHY EATING HABIT BAGI GURU TK ISLAM TUNAS MELATI SEMARANG

Authors

  • Dian Ayu Zahraini Universitas PGRI Semarang
  • Ririn Ambarini Universitas PGRI Semarang
  • Nur Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Listyaning Sumardiyani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran, Bilingual, Anak Usia Dini, Healthy Eating Habit.

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pelatihan, workshop dan pendampingan lapangan yang terbagi dalam empat tahapan secara sistematis dan berkesinambungan.  Pada tahap I akan dilakukan penyampaian materi tentang:  Kebiasaan Makan Sehat (Healthy Eating Habit) dan  Teknik penyusunan RPP tentang pembelajaran bilingual untuk anak usia dini dengan topik kesehatan:  Healthy Eating Habit yang bisa diterapkan selama proses belajar mengajar selama kurang lebih 30 menit, minimal sekali dalam seminggu. Tahap II adalah pelatihan menyusun RPP. Tahap III adalah Praktik Peer Teaching dan Tahap IV yaitu tahap Diskusi dan Refleksi diri.

Tujuan utama Pengabdian ini guru dan staf PAUD dapat melaksanakan dan menerapkan  program-program pembelajaran bilingual untuk anak usia dini dengan topik kesehatan:  Healthy Eating Habit di sekolah sehingga guru dan staf PAUD dapat memberikan kegiatan yang melatih anak untuk  bisa  melatih Kebiasaan Makan Sehat (Healthy Eating Habit).

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini meliputi pelatihan, ceramah, tanya jawab, dan diskusi, praktek mengajar serta lembar kerja yang merupakan output peserta dari pelatihan ini.

Author Biographies

Dian Ayu Zahraini, Universitas PGRI Semarang

PRODI PJKR

Ririn Ambarini, Universitas PGRI Semarang

PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Nur Hidayat, Universitas PGRI Semarang

PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Listyaning Sumardiyani, Universitas PGRI Semarang

PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Downloads

Published

2021-12-31