PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU SMP DI KOTA SEMARANG MELALUI PTK/PTBK

Authors

  • Jafar Sodiq Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Cicik Sophia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Nur Hidayat Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru SMP di Kota Semarang dalam program pelatihan PTK/PTBK. Kegiatan pelatihan PTK/PTBK dilakukan dalm tiga tahap mulai dari tahap penyampaian materi, tahap pelatihan, tahap proses penulisan proposal PTK/PTBK.

Pada tahap yang pertama yaitu penyampaian materi dilakukan secara luring dalam format pelatihan yang bertempat di SMPN 6 Semarang yang dalam hal ini juga menjadi mitra tim PKM Universitas PGRI Semarang. Jumlah peserta yaitu 32 peserta dari SMP di Kota Semarang. Tahap yang kedua adalah tahap pelatihan dimana para peserta dengan didampingi oleh tim PKM Universitas PGRI Semarang menyusun proposal PTK/PTBK dengan topik yang sesuai dengan minat mereka. Tahap yang ketiga adalah proses penyusunan proposal secara mandiri oleh para guru yang nantinya menghasilkan produk proposal yang sudah direview dan direvisi.

Dalam pelaksanaan program pelatihan PTK/PTBK ini dijumpai beberapa kendala seperti kendala dengan waktu/time manangement yang kurang bagus sehingga fokus para guru yaitu hanya mengajar dan melaksanakan tugas administratif sekolah, kendala yang lain adalah para guru masih kesulitan dalam menentukan topik permasalahan yang diangkat menjadi topik proposal PTK/PTBK, dan kendala juga muncul dikarenakan masalah koneksi internet saat proses pendampingan penyusunan proposal PTK/PTBK.

Solusi yang ditawarkan oleh tim PKM Universitas PGRI Semarang adalah dengan melakukan pendekatan kepada para guru yang terkendala dengan waktu supaya membuat jadwal tambahan untuk penyusunan proposal PTK/PTBK. Terkait permasalahan tentang susahnya menentukan topik proposal PTK/PTBK, tim PKM Universitas PGRI Semarang memberikan referensi artikel dari jurnal baik nasional maupun internasional terkait PTK/PTBK. Kemudian permasalahan koneksi internet, para guru dipersilakan untuk melakukan bimbingan secara luring dengan tim PKM Universitas PGRI Semarang di kampus 4 Universitas PGRI Semarang atau di sekolah masing-masing yang memiliki jaringan internet yang lebih stabil.

Produk proposal yang dihasilkan oleh para guru telah melalui proses review dan revisi. Nantinya diharapkan dari produk proposal PTK/PTBK tersebut akan berkelanjutan dengan pelaksanaan PTK/PTBK di sekolah masing-masing.

Downloads

Published

2021-12-31