PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN SISTEM PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SINGLE USER (SI PERAN)

Authors

  • Anita Chandra Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran Daring, Perangkat Pembelajaran, Single User

Abstract

Standar Proses merupakan standar yang meliputi perangkat pembelajaran berupa perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan agar tercapai penyelenggaraan pendidikan yang efisien dan efektif (BAN Pendidikan Non Formal, 2014). Indikator dalam standar proses yakni indikator perencanaan proses pembelajaran (antara lain Promes, RPPM, dan RPPH).

Kecamatan Semarang Timur khususnya di Kelurahan Rejosari, guru Lembaga PAUD belum memiliki kemampuan menyusun perangkat pembelajaran, para guru biasanya  Pengetahuan guru mengenai pemanfaatan system single user dalam penyusunan perangkat pembelajaran sangat penting untuk diberikan dan dilatihkan. Penyusunan perangkat pembelajaran yang efisien dan efektif dengan menggunakan teknologi.. sehingga tujuan dari rogram kemitraan masyarakat adalah agar guru mampu menyusun perangkat pembelajaran yang efisien dan efektif dengan menyusun pembelajaran berbasis single user (SIPERAN).

Siperan (Sistem Perangkat Pembelajaran) single user  sangat membantu dalam proses pembelajaran terutama mempermudah pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran (Rencana Pembelajaran dan Penilaian) selain itu tampilan perangkat pembelajaran yang disusun menggunakan siperan mudah untuk dipahami karena proses penyusunan perangkat pembelajaran melalui siperan single user waktu pengerjaannya lebih singkat, lebih sistematis dan lebih mudah.

Downloads

Published

2021-12-31