Pengaruh Latihan Target Media dan Tire Terhadap Ketepatan Shooting Jarak 9 Meter Pada Atlet Petanque Kabupaten Jepara 2020

Authors

  • Wakhidatun Nikmah Pemakalah

Keywords:

Target Media, Tire =, Ketepatan Shooting Jarak 9 Meter

Abstract

Wakhidatun Nikmah, “Pengaruh Latihan Target Media dan Tire Terhadap Ketepatan Shooting Jarak 9 Meter Pada Atlet Petanque Kabupaten Jepara 2020”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. Latar belakang yang mendasari skripsi ini adalah atlet di Kabupaten Jepara belum mahir dalam hal shooting terutama jarak 9 meter. Disamping itu media latihan belum ada. Sehingga perlu adanya peningkatan latihan dengan menggunakan media sebagai penunjang latihan dalam melatih ketepatan, agar prestasi atlet meningkat terutama di nomor shooting. Tujuan terbuatnya skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan perbandingan antara latihan target media dan tire terhadap ketepatan shooting jarak 9 meter pada atlet petanque Kabupaten Jepara 2020.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitafif dengan jenis model penelitian True-Experimental Design tipe The Randomized Pretest-Posttest Two Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah atlet petanque Kabupaten Jepara yang berjumlah 8 atlet. Teknik sampling penelitian ini menggunakan total sampling. Metode analisis data menggunakan uji paired sample test dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan latihan target media dan tire terhadap ketepatan shooting jarak 9 meter yang dinyatakan dengan hasil melalui perhitungan t_tabel = 2.144 dan t_hitung = -0.144, maka berarti t_tabel > t_hitung sehingga hipotesis Ho : diterima. Berdasarkan nilai signifikansi karena nilai Sig. = 0.888 dan tingkat kepercayaan 95% maka berarti : Sign. > 0.05 sehingga hipotesis Ho : diterima.

Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh latihan target media dan tire terhadap ketepatan shooting jarak 9 meter pada atlet petanque Kabupaten Jepara 2020. Saran, latihan target media dan tire digunakan sebagai media latihan, sehingga dapat membantu atlet meningkatkan latihan ketepatan shooting.

Kata kunci: target media, tire, ketepatan shooting jarak 9 meter

Downloads

Published

2020-12-15