P PENGARUH PEMBERIAN POTASIUM DAN AIR ISOTONIK TERHADAP PROFIL DENYUT NADI SETELAH MELAKUKAN AKTIVITAS FISIK SUB MAKSIMAL 80%

Authors

  • Noor Raditya Putra Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pemulihan, denyut nadi, aktivitas fisik

Abstract

ABSTRAK

Noor Raditya Putra, NPM. 16230280, “Pengaruh pemberian potasium dan air isotonik terhadap profil denyut nadi setelah melakukan aktivitas fisik sub maksimal 80%” Skripsi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2020.

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya pemulihan energi atlet pencak silat saat recovery setelah melakukan latihan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbandingan pemberian potasium dengan air isotonik terhadap profil denyut nadi setelah aktivitas fisik sub maksimal 80%.

                Penelitian menggunakan experimental design dalam bentuk Pretest-Posstest dengan dua macam perlakuan. Melakukan penelitian lapangan kepada sampel yang melakukan untuk mengetahui denyut nadi latihannya, dan dilihat profil denyut nadi pemulihannya setelah perlakuan berupa minuman potasium dan minuman air isotonik pada sebelum melakukan tes. Dalam melakukan  pengambilan data, dilakukan sebanyak empat kali kepada masing-masing sampel sebelum dan sesudah tes. Sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari atlet Pencak Silat Perisai Diri Universitas PGRI Semarang yang berjumlah 10 orang dan 5 orang tiap kelompoknya.

Hasil Penelitian diperoleh bahwa untuk mengetahui perbandingan pemberian potasium dengan air isotonik terhadap profil denyut nadi setelah melakukan aktivitas fisik sub maksimal 80% yang mana nilai delta kelompok pemulihan  denyut nadi dengan pemberian potasium sebesar 44.4 dan nilai delta kelompok pemulihan denyut nadi dengan pemberian air isotonik adalah sebesar 45.4.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan rerata antara kelompok potasium dengan air isotonik saat recovery, yang mana kelompok air isotonik memberikan pengaruh yang baik terhadap profil denyut nadi saat recovery dibandingkan kelompok potasium.

kata kunci: pemulihan, denyut nadi, aktivitas fisik

Downloads

Published

2020-12-15