Pengembangan Alat Spinning Pole Untuk Latihan Kelincahan dan Power Tungkai

Authors

  • Arwani arwani arwani pemakah

Keywords:

spinning pole, kelincahan, power tungkai

Abstract

Abstrak

 

Arwani . “Pengembangan Alat Spinning Pole Untuk Latihan Kelincahan dan Power Tungkai”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2020.

       Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemain kurang tertarik dalam mengikuti latihan, karena sistem latihannya terlalu biasa sehingga merasa bosan dan belum adanya alat multifungsi yang dapat digunakan untuk cabang olahraga prestasi. Oleh karena itu peneliti bertujuan mengembangkan alat spinning pole untuk latihan kelincahan dan power tungkai sebagai alat bantu latihan multi fungsi yang dapat digunakan untuk latihan cabang olahraga prestasi.

  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Pengembangan alat spinning pole untuk latihan kelincahan dan power tungkai terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan 9 atlet untuk uji coba skala kecil, 21 atlet uji coba skala besar. Subjek penelitian ini adalah klub bola voli Cakra Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan instrument berupa angket. Teknis analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat spinning pole adalah sangat layak digunakan sebagai alat bantu latihan olahraga prestasi. Hasil tersebut diperoleh dari hasil terakhir validasi a) ahli materi sebesar 90% atau sangat layak; b) ahli media sebesar 83% atau sangat layak; c) atlet uji coba lapangan sebesar 87,55% atau sangat layak. Dengan demikian, kesimpulan bahwa alat spinning pole untuk latihan kelincahan dan power otot tungkai telah dinyatakan sangat layak digunakan untuk alat bantu latihan cabang olahraga prestasi.

 

Kata Kunci: Spinning Pole, Kelincahan, Power Tungkai

Downloads

Published

2020-12-15