Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Pada Pedagang Kaki Lima Di Kecamatan Demak)

Authors

  • Dwi Mufarikhah

Keywords:

kewirausahaan, pasar, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing; (2) Mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing; (3) Mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran; (4) Mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran; (5) Mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 241 responden dengan jumlah sampel 150. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling incidental. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi jalur dengan analisis jalur dengan alat bantu software SPSS (Statictical Product and Service Solution) versi 20.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing; (3) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; (4) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran; (5) Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran PKL di Kecamatan Demak. Hasil nilai tabel Model Summary  nilai Ajusted R Square (koefisien determinasi) = 0,973 atau 97,3%. Ini berarti bahwa kinerja pemasaran dijelaskan oleh variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pasar dan keunggulan bersaing sebesar 97,3%. Dan sisanya sebesar 2,7% dijelaskan variabel lain diluar model penelitian misalnya inovasi produk, dukungan partner, kapabilitas pemasaran, dan lain-lain.

 

Downloads

Published

2021-12-21