TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA RADIO KOTA BATIK PEKALONGAN PERIODE TAHUN 2019/2020

Authors

  • Muhammad Anang Syarif

Keywords:

Tindak tutur representatif, pragmatik, radio, penelitian.

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas tentang apa saja jenis tindak tutur representatif yang terdapat pada iklan layanan masyarakat radio kota Batik Pekalongan dan bagaimana fungsi-fungsi tindak tutur representatif yang terdapat pada iklan layanan masyarakat radio kota Batik Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tindak tutur representatif pada iklan layanan masyarakat dan mengemukakan jenis tindak tutur apa sajakah pada iklan layanan masyarakat pada Radio Kota Batik Pekalongan Periode Tahun 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sadap. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih. Dan teknik penyajian hasil data yang digunakan dalam penelitian iniyaitu pendeskripsian berupa kalimat. Hasil penelitian tindak tutur representatif pada radio kota Batik Pekalongan terdapat lima jenis tuturan representatif. Kelima jenis tuturan tersebut ialah memberitahukan, mengakui, perintah, menyebutkan, dan menyatakan. Fungsi dari tuturan representatif pada iklan layanan masyarakat terdapat fungsi representasional, fungsi personal, fungsi interaksional, fungsi heuristik, dan fungsi regulasi. Penelitian ini untuk menambah pengetahuan mengenai tindak tutur representatif dan menerapkan kaidah kepada pembaca penelitian ini.

Downloads

Published

2020-12-03