NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Authors

  • Ratna Binnyyatil Mursalin Universitas PGRI Semarang
  • Asropah` Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Universitas PGRI Semarang

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah selama ini dijadikan satu dengan pembelajaran bahasa. Dalam kurikulum, karya sastra masuk sebagai bahan ajar. Amanat ini secara jelas dituangkan pada kompetensi dasar, salah satunya yaitu guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap karya sastra. Salah satu bentuk karya sastra yang sangat populer di masyarakat kita sampai kini adalah novel. Melalui novel, nilai pendidikan karakter dimunculkan agar memudahkan guru untuk mencari bahan ajar pengajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter di sekolah. Melihat pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa novel dapat berperan serta dalam pendidikan karakter di sekolah. Novel dapat mengajak siswa untuk mengenali dan memahami kualitas tingkatan watak atau karakternya sendiri. Beranjak dari kenyataan tersebut, peneliti menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA.

Downloads

Published

2022-02-22