PEMAKAIAN KONJUNGSI PADA TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Mega Dwi Kusuma Universitas PGRI Semarang
  • Siswanto PHM Universitas PGRI Semarang
  • Icuk Prayogi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurang pemahaman peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA N 6 Semarang, khususnya mengenai penerapan konjungsi dalam sebuah teks ceramah. Selain itu, peserta didik saat mengerjakan tugas yang diberikan secara asal tanpa memperhatikan konjungsi yang digunakan. Melihat hal tersebut perlu adanya penjelasan lebih mengenai hal tersebut oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsi pemakaian konjungsi pada teks ceramah karya peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi. Teknik kualitatif atau deskripsi digunakan untuk menganalisis data konjungsi. Langkah-langkah yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, simak, catat, dokumen. Dalam menganalisis data penelitian ini, dibantu dengan kartu data. Teks ceramah yang telah dibuat siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 6 Semarang, data yang ditemukan sebanyak 343 konjungsi. Hal tersebut didapat dari 150 data yang telah dianalisis. Jumlah data tersebut dibedakan menjadi empat jenis konjungsi yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi korelatif, konjungsi subordinatif, dan konjungsi antarkalimat. Dari analisis akhir yang dilakukan, ditemukan bahwa peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dalam menulis teks ceramah terdapat kesalahan dalam penggunaan konjungsi dan juga peseta didik dapat menerapkan penggunaan konjungsi dalam membuat teks ceramah. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah para guru dapat lebih menjelaskan mengenai penggunaan konjungsi dalam membuat sebuah teks atau yang lainnya.

Downloads

Published

2022-02-22