PENGGUNAAN TANDA BACA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARYA ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Nurlaila Nurlaila Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman peserta didik untuk memahami Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) terutama dalam aspek penggunaan tanda baca. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan melakukan analisis terhadap penggunaan ejaan tanda baca karya ilmiah untuk mengetahui penggunaan tanda baca yang digunakan peserta didik sesuai dengan fungsinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan tanda baca dalam pembelajaran menulis karya ilmiah pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud penggunaan tanda baca dalam pembelajaran menulis ilmiah pada peseta didik kelas XI SMA Negeri 11 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Berdasarkan hasil penelitian pada data peserta didik menulis karya ilmiah dapat disimpulkan bahwa, penggunaan tanda baca dalam karya ilmiah peserta didik yang sering digunakan yaitu tanda titik (.) dan tanda koma (,). Penggunaan tanda baca yang digunakan dalam karya ilmiah peserta didik meliputi 9 dari 15 kategori, dan dikelompokkan berdasarkan fungsi masing-masing. Penulis menyarankan kepada pendidik untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada peserta didik mengenai jenis-jenis tanda baca yang terdapat dalam PUEBI, supaya penggunaan tanda baca dalam tulisan lebih beragam.

Downloads

Published

2022-02-22