PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD ISLAM DAARUL MUWAHIDIN SEMARANG

Authors

  • Kairul Marom SD Islam Daarul Muwahidin Semarang
  • Suratiningsih

Keywords:

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19, Peran orang tua

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pembelajaran di lembaga pendidikan mengalami perubahan. Sistem pembelajaran dialihkan kepada metode online atau dalam jaringan (daring). Perubahan ini menyebabkan siswa dan sekolah harus beradaptasi dengan kondisi baru agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Salah satu langkah yang dilakukan oleh SD Islam Daarul Muwahidin Semarang yaitu dengan membuat website belajar sendiri yang mampu mewadahi siswa agar tetap semangat belajar. Website tersebut terdapat materi pembelajaran yang diunggah oleh guru, project spiritual, sosial, dan literasi yang harus dilakukan oleh siswa  dan semua itu butuh peran orang tua untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya peran orang tua dalam membangun motivasi belajar siswa selama  Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Daarul Muwahidin Semarang selama bulan November-Desember 2020.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data  dengan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik selama Pandemi Covid-19 karena orang tua memberikan motivasi berupa meluangkan waktu untuk mendampingi dan mengawasi siswa dalam belajar, memberikan fasilitas yang mendukung pembelajaran, memberikan reward atau punishment dan memberikan waktu untuk bermain serta aktif berkomunikasi dengan guru kelas. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa peran orang tua berperan penting dalam membangun motivasi siswa selama pendemi covid-19.

Downloads

Published

2021-04-06

Issue

Section

Articles