ANALISIS POTENSI PENERAPAN STEAM PADA PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN KURIKULUM MERDEKA SMA

Authors

  • Alfina Damayanti Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Elsa Septiani Rintho Miharjo Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Novita Anggraini, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Faila SivaSolecha Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Septiana Nur Kholifah Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang
  • Praptining Rahayu Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

STEAM, kurikulum merdeka, kultur jaringan,pembelajaran, biologi

Abstract

STEAM adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan diterapkan dalam revolusi 5.0. Pendekatan STEAM memotivasi siswa untuk belajar mengeksplorasi keterampilan mereka sendiri baik dalam segi sains, teknologi, teknik, seni, maupuun matekmatinya. Dalam pengembangan pembelajaran terutama dalam kurikulum baru seperti kurikulum merdeka dibutuhkan metode pembelajaran yang efisien. Dengan mengumpulkan data sekunder untuk kemudian dianalisis dan dituliskan secara deskriptif analitik, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis baik kelebihan dan kekurangan dari metode STEAM untuk diterapkan pada pembelajaran kultur jaringan SMA.Dihasilkanbahwasannya penerapan pendekatan STEAM berpotensi dalam pembelajaran kultur jaringan tingkat SMA.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles